Agar Bisa Membeli Smartphone yang Tepat dan Sesuai Anggaran, Ini Caranya!

Teknologi smartphone yang saat ini makin canggih dan beraneka ragam, membawa akibat pada semakin meroketnya harga gadget satu ini dari hari ke hari. Bahkan bila teknologi yang lebih baru pun telah muncul, belum tentu harga smartphone tersebut akan menurun cukup besar. Bahkan untuk merk-merk yang sudah memiliki nama besar, harga sebuah smartphone dengan kualifikasi yang tinggi tentu akan berlabel harga cukup tinggi hingga beberapa waktu. Hal inilah yang kemudian sering membuat orang-orang yang tidak memiliki dana besar akhirnya urung untuk membeli smartphone dengan spesifikasi mewah.

Agar Anda tidak terjerumus dalam sikap konsumtif dalam membelanjakan gadget ini, tentu seharusnya mulai saat ini Anda berhitung dengan apa yang menjadi manfaat dari sebuah smartphone bila sudah berpindah ke tangan Anda. Adapun tujuan dari penghitungan anggaran atau budget sebelum membeli sebuah smartphone tentu saja agar tidak membebani keuangan Anda nantinya. Jangan sampai ketika Anda menginginkan sebuah merk smartphone type tertentu, harus mengorbankan kebutuhan lain dalam rumah yang sebenarnya jauh lebih penting. Untuk dapat melakukan hal tersebut, maka perlu di simak penjelasan berikut.

Perhitungkan kemampuan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin membeli sebuah smartphone secara tepat adalah dengan menghitung secara pasti anggaran atau dana yang ada. Usahakan agar dana tersebut memang merupakan dana yang longgar, dalam artian tidak digunakan untuk kebutuhan lain-lainnya. Dengan memperhitungkan dana yang tersedia ini, maka sebenarnya Anda telah:

Membeli Smartphone yang Tepat

- Berhasil menyelamatkan sebagian dana yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal lainnya,
- Lebih bijak dalam menggunakan dana atau keuangan yang ada,
- Menghindarkan diri dari kesulitan keuangan di kemudian hari.

Baca juga: Daftar Harga Oppo Smartphone


Cermati fungsi dan kegunaan smartphone yang akan dibeli

Saat ini telah banyak gadget smartphone yang mengkhususkan produknya untuk segala bidang kehidupan. Mulai dari fungsinya untuk tugas-tugas pekerjaan hingga smartphone yang ditujukan untuk gaming, saat ini setiap produsen telah memilah-milahnya dengan baik. Oleh sebab itu, ketika Anda sudah mempunyai perhitungan yang tepat atas dana yang tersedia, maka buatlah prioritas fungsi atau kegunaan smartphone yang hendak Anda beli tersebut nantinya. Ini akan membuat pembelian yang Anda lakukan bisa menjadi efektif, karena memang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Pilih spesifikasi yang Anda butuhkan

Bila sudah mengetahui apa fungsi dari smartphone yang hendak dibeli, setelah itu Anda harus bisa memilah spesifikasi yang paling tepat. Jangan sampai untuk kegunaan yang ringan, kemudian Anda memilih spesifikasi yang terlalu tinggi, tentu selain tidak sesuai dengan budget, pastinya gadget tersebut tidak akan bisa digunakan secara efektif. Adapun beberapa spesifikasi yang perlu dicermati seperti:

1. Kebutuhan processor, ini untuk menjalankan seberapa cepat gadget Anda dalam memproses perintah. Processor yang baik tidak selalu keluaran terbaru, tapi yang paling sering mendapat apresiasi dari penggunanya,
2. Besaran RAM, ini digunakan untuk melakukan pekerjaan yang lebih dari satu pada waktu yang sama. semakin besar RAM, kemampuan mengatasi pekerjaan lebih dari satu akan lebih baik,
3. Ukuran dan kualitas layar, didasarkan pada seberapa sering Anda menatap layar gadget tersebut.

Tentukan merk yang sesuai

Bila Anda sudah mengetahui spesifikasi yang diinginkan tentu sekarang tinggal menentukan merk yang hendak dibeli. Saat ini telah banyak merk-merk smartphone lokal yang memiliki kualitas baik dan juga layanan purna jual yang excellent. Jadi, jangan selalu terpaku dengan merk internasional yang mungkin kurang memberikan sarana purna jual yang memuaskan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Rahasia Pampers Orang Dewasa Confidence Jadi Favorit Banyak Orang

Mengulas Merk Laptop Dell Lengkap yang Perlu Anda Ketahui

Jadwal MotoGP 2016 Trans7 Terlengkap