Kiat-kiat Pembuatan Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Bagi para pencari kerja, surat lamaran kerja adalah hal yang amat sangat penting untuk dibuat dengan sebaik-baiknya. Hal ini karena surat lamaran tersebut adalah kesan pertama yang akan diterima perusahaan tentang Anda. Tentunya Anda ingin memberikan kesan pertama yang sebaik-baiknya, bukan? Anda tidak bisa membuatnya hanya dalam semalam saja, karena Anda perlu mengedit dan memperbaiki kalimat-kalimat yang ada di dalamnya, dan membuatnya secara personal untuk setiap perusahaan yang Anda lamar.

Bila Anda hendak membuat surat lamaran kerja dengan baik, pastikan bahwa surat tersebut mempunyai elemen-elemen wajib di bawah ini:

1. Tata bahasa yang sesuai EYD
Pastikan bahwa Anda menuliskan surat lamaran kerja dengan ejaan yang tepat, tanda titik koma yang pas, huruf kapital yang benar, dan menggunakan kalimat yang mudah dimengerti.
2. Sopan
Kesombongan adalah hal yang tidak akan dihargai oleh perusahaan. Percaya diri boleh saja, tetapi utamakan kesopanan dan tahu diri.
3. Rapi dan singkat
Tidak bertele-tele, singkat, dan mudah dibaca.
4. Lengkap sesuai syarat
Apa saja sertifikat dan surat yang disyaratkan oleh perusahaan tersebut? Lampirkan dan sebutkan dengan jelas.

Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Baca juga: Tarif Resmi Pembuatan, Perpanjangan dan Mutasi SIM 2015


Secara umumnya, struktur kerangka dalam membuat surat lamaran untuk pekerjaan adalah sebagai berikut ini:

1. Tempat dan tanggal surat ditulis
2. Nama perusahaan yang dituju
3. Salam hormat
4. Kata pengantar
5. Biodata pelamar
6. Pengalaman kerja, skill
7. Harapan
8. Penutup

Tentu, ada beberapa hal yang bisa diubah, dikurangi atau ditambah, namun secara universal, daftar di atas adalah hal-hal yang perlu Anda buat. Inilah contoh dari surat lamaran, perhatikan baik-baik:

Solo, 24 Agustus 2015
Kepada Yth.,
Bapak / Ibu Personalia
PT. Makmur Sejahtera
Jl. Sentosa No.98
Jakarta Selatan

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi dari media cetak tentang adanya lowongan pekerjaan dari PT. Makmur Sejahtera yang saya dapatkan dari Koran Merdeka pada tanggal 23 Agustus 2015. Saya bermaksud untuk melamar kerja dan mengisi posisi sebagai bagian dari staff IT di perusahaan PT. Makmur Sejahtera yang Bapak / Ibu pimpin.

Berikut adalah biodata singkat saya:
Nama                           : Dimas Soeparno
Tempat / tgl. lahir         : Jakarta, 25 September 1989
Pendidikan terakhir       : S1 Manajemen Informatika
Alamat                         : Jl. Tulip No.45, Jakarta Barat
Telepon (HP)                 : 081579146358

Saya mempunyai badan yang sehat, jujur, dan punya latar belakang pendidikan yang berkualitas. Saya fasih dalam berbahasa Inggris, bisa mengoperasikan komputer dengan baik, dan menguasai software seperti MS Office Word, Access, Excell, Lotus Spreadsheet, dan beberapa software perkantoran yang lainnya.

Untuk bahan pertimbangan, saya melampirkan:
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy Ijazah S1
3. Foto Copy Transkrip Nilai
4. Foto Copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
5. Foto 3x4 terbaru

Kesempatan untuk wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan, sehingga saya bisa menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya yang berguna untuk perusahaan Anda.

Demikian surat lamaran ini, saya mengucapkan terima kasih untuk perhatian Bapak / Ibu Personalia.

Hormat saya,
Dimas Soeparno


Harus Anda perhatikan bahwa tidak semua perusahaan mengharuskan Anda membuat surat lamaran dengan diketik menggunakan komputer, tetapi dengan ditulis tangan, seperti lamaran untuk CPNS misalnya. Karena itu, selalu perhatikan syarat dan ketentuan yang ada sehingga Anda tidak membuat kesalahan dari awal. Buatlah surat lamaran ini secara personal dan jangan meng-copy paste dari surat Anda untuk perusahaan lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Rahasia Pampers Orang Dewasa Confidence Jadi Favorit Banyak Orang

Mengulas Merk Laptop Dell Lengkap yang Perlu Anda Ketahui

Jadwal MotoGP 2016 Trans7 Terlengkap